Jurnal5.com
Kamis, 03 Oktober 2024, Oktober 03, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-03T15:25:54Z
Ragam

Sambil Ngopi Santai Samsat Buka Layanan Malam Hari, Maksimalkan Perolehan PKB

Advertisement

Jurnal5.com - Indramayu, Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Samsat Kabupaten Indramayu I terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kepada para wajib pajak.

Program ‘Nongki Messra Sama Bapak’ atau ‘Nongkrong Ngopi Ning Mess Indramayu Samsat Sambil Bayar Pajak’ menjadi program unggulan yang mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indramayu karena menyasar wajib pajak yang tidak sempat bayar pajak pada siang hari, namun bisa dilakukan pada sore hingga malam hari.

Seperti yang terlihat pada Selasa sore (1/10/2024) di eks Kantor Samsat lama, kegiatan tersebut dipenuhi oleh wajib pajak yang hendak membayar pajak, apalagi banyak bonus dan merchandise bagi wajib pajak yang hadir langsung di tempat untuk melakukan pembayaran.

Kepala Samsat Kabupaten Indramayu I Adang Surahmin mengatakan, pelayanan Asyik Nongki Messra Sama Bapak dilaksanakan setiap hari Selasa Pukul 16.00 sampai dengan 21.00 WIB di Halaman Mess Samsat Indramayu I.

Menurutnya, masyarakat yang hendak membayar pajak bisa sambil ngopi dan mencicipi hidangan gratis yang telah disediakan Samsat Indramayu I sambil nongkrong menunggu proses pembayaran pajak. Tidak hanya itu, para wajib pajak juga memperoleh bingkisan gratis.

Sementara itu Pjs. Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si mengatakan, layanan Samsat pada malam hari yang digelar secara rutin ini diharapkan terus berdampak pada peningkatan perolehan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kabupaten Indramayu.

Saat ini kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Indramayu baru mencapai 58 persen sementara sisanya merupakan wajib pajak yang harus mendapatkan perhatian karena belum membayar pajak.

“Dengan terobosan ini kita harapkan kesadaran membayar pajak makin besar karena akan kembali lagi ke daerah untuk pembangunan,” kata Dedi Taufik.

Taufik menambahkan, saat ini masyarakat Indramayu juga diharapkan bisa memanfaatkan program ‘Pemutihan’ yang akan berlangsung hingga 30 November 2024 mendatang karena banyak keuntungan dan discount nya. (WN)