Jurnal5.com
Selasa, 01 Oktober 2024, Oktober 01, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-01T12:03:15Z
Berita IndramayuDaerah

Pemkab Indramayu Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Advertisement

Jurnal5.com - Indramayu, Pemerintah Kabupaten Indramayu menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Halaman Pendopo Indramayu, Selasa (1/10/2024).

Upacara ini dihadiri oleh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M. Si bertindak sebagai inspektur upacara.

Tema peringatan tahun ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas,” yang diusung sebagai bentuk ajakan untuk merefleksikan pentingnya ideologi Pancasila dalam perjalanan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Dedi Taufik menegaskan, Pancasila adalah fondasi yang kokoh bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, kita dapat mewujudkan cita-cita Indonesia yang maju dan berdaya saing di kancah global,” ujarnya.

Sebagai bagian dari upacara, dibacakan juga naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 serta pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembacaan ikrar ini merupakan simbol komitmen kuat dari seluruh elemen masyarakat Indramayu untuk terus menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Hari Kesaktian Pancasila sendiri diperingati setiap tahun sebagai penghormatan terhadap para pahlawan revolusi yang gugur akibat peristiwa G30S/PKI.

Pada tahun 1965, pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) berusaha mengganti Pancasila dengan ideologi komunis. Peristiwa ini mengakibatkan gugurnya tujuh perwira TNI Angkatan Darat, yang dikenal sebagai Pahlawan Revolusi.

Dengan peringatan ini, diharapkan seluruh masyarakat Indramayu dapat makin memperkokoh semangat persatuan, serta berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pemkab Indramayu berkomitmen untuk terus mendorong program-program yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila, guna menciptakan kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat. (WN)