Jurnal5.com
Senin, 26 Agustus 2024, Agustus 26, 2024 WIB
Last Updated 2024-08-26T07:28:25Z
Ragam

Komitmen Terhadap Pendidikan Berkualitas, PHR Regional Sumatera Zona 4 Lakukan Penandatanganan Perjanjian Beasiswa dengan Politeknik Akamigas Palembang

Advertisement


Palembang,"jurnal5.com".Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 4 dan Politeknik Akamigas Palembang melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama beasiswa Non Ikatan Dinas yang bertujuan untuk mendukung pendidikan berkualitas di wilayah operasional, yang diselenggarakan di Palembang, pada Rabu (21/8). Program Beasiswa Non Ikatan Dinas telah berlangsung selama 11 tahun hingga saat ini telah mencapai angkatan ke XI dan diberikan kepada siswa/siswi berprestasi yang berada di wilayah ring 1 perusahaan.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Kepala LLDIKTI Wilayah II, Pimpinan Politeknik Akamigas Palembang, Field Manager di wilayah kerja PHR Regional Sumatera Zona 4, serta penerima beasiswa dan orang tua hingga para Kepala Desa dan Lurah di lokasi penerima beasiswa berdomisili.

Program Beasiswa Non Ikatan Dinas PHR Regional Sumatera Zona 4 dirancang untuk menjawab kebutuhan akan akses pendidikan yang berkualitas di wilayah kerja Perusahaan khususnya Petamina EP (PEP) Prabumulih Field, PEP Limau Field, PEP Adera Field, PEP Pendopo Field, PEP Ramba Field. Program beasiswa membantu siswa berprestasi dan berbakat yang berasal dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan mereka tanpa hambatan finansial.

Dengan menjadi pionir di Sumatera Selatan dalam pelaksanaan program beasiswa ini, PHR Regional Sumatera Zona 4 tidak hanya menetapkan standar baru dalam tanggung jawab sosial perusahaan tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

General Manager Zona 4, Djujuwanto, menyampaikan dalam sambutannya yang menyambut hangat para siswa siswi berprestasi dengan bangga. Program Beasiswa Non Ikatan Dinas ini merupakan salah satu kontribusi sektor hulu migas untuk masyarakat, di samping kontribusi dalam bentuk penyediaan energi bagi negeri. Program ini juga selaras dengan visi pemerintah untuk menciptakan Indonesia Emas 2045 dengan menciptakan SDM yang berkualitas melalui pemerataan akses terhadap pendidikan tinggi. 

“Kontribusi dari sektor hulu migas dapat di berikan secara maksimal berkat dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan partisipasi semua pihak dalam menunjang kelancaran operasional hulu migas. Dalam pendandatangan nota kesepahaman Beasiswa Non Ikatan Dinas angkatan Xl, saya mengucapkan selamat kepada sepuluh orang yang terpilih. Semoga ilmu yang dimiliki dapat diterapkan dengan maksimal dan berguna untuk kepentingan negara, bangsa, dan agama,” tungkas Djujuwanto.


Program beasiswa ini tidak hanya berfokus pada aspek pendidikan tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan memberikan akses pendidikan yang lebih baik, program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan kompetitif generasi muda. Ini sejalan dengan visi PHR Regional Sumatera Zona 4 untuk menciptakan dampak sosial yang signifikan di komunitas sekitar kami.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan, menyampaikan apreesiasi kepada PHR Regional Sumatera Zona 4. “Program beasiswa ini merupakan contoh bagaimana sektor migas dapat berkontribusi secara positif terhadap masyarakat. Kami sangat mengapresiasi dukungan PHR Regional Sumatera Zona 4 dalam memperluas akses pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan melalui program beasiswa ini,” tutur Anggono.

Keberhasilan penerima beasiswa membuktikan dampak positif dari program ini. Beberapa penerima beasiswa sebelumnya telah mencapai kesuksesan luar biasa yakni, Iwengki Pratama, Putra Asli dari Desa Jirak Jaya, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang berhasil menyelesaikan pendidikan di Politeknik Akamigas Palembang dengan jurusan Teknik Eksplorasi Produksi Migas dan kini tengah menempuh Pre Employment PT Kilang Pertamina Internasional berkat dukungan beasiswa yang diberikan.

PHR Regional Sumatera Zona 4 terus berfokus pada eksplorasi dan produksi migas dengan berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui berbagai inisiatif sosial dan lingkungan. Dengan tujuan utama menciptakan dampak berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas di sekitar wilayah operasional. (Efri)