Jurnal5.com
Selasa, 27 Agustus 2024, Agustus 27, 2024 WIB
Last Updated 2024-08-27T13:47:26Z
Ragam

Kasdam II/Swj Buka Kegiatan Reviu Penilaian Reformasi Birokrasi (RB) di Lingkungan Kodam II/Swj

Advertisement


Palembabg, " Jurnal5. Com" asdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Aminton Manurung membuka secara resmi kegiatan Reviu Penilaian Reformasi Birokrasi (RB) di Lingkungan Kodam II/Swj TA 2024, Selasa (27/08/2024) bertempat di Aula A.H. Nasution Makodam II/Swj Palembang._

Pembukaan kegiatan Reviu Penilaian Reformasi Birokrasi (RB) ini diikuti sebanyak 80 peserta dan dihadiri secara luring oleh Kasrem 044/Gapo, para Asisten Kasdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, Dandim 0418/Plg, para Pabandya/Pabandya, para perwakilan Perwira dari Satjar Kodam II/Swj wilayah Garnizun Palembang serta diikuti secara Daring pejabat satuan jajaran Kodam II/Swj. Dalam kesempatan tersebut hadir  Ketua Tim RB Mabesad Kolonel Arh Toni Aris Setiawan, S.E., M.M, beserta Anggota.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI M. Naudi Nurdika dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Aminton Manurung menyampaikan bahwa, Reformasi Birokrasi merupakan langkah penting dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kinerja organisasi. Di lingkungan TNI AD, khususnya di Kodam II/Swj, berkomitmen untuk terus melakukan perubahan yang mendasar dan berkelanjutan guna mencapai organisasi yang lebih efisien, efektif dan responsif terhadap tantangan yang dihadapi.

Kasdam menuturkan, Pengesahan organisasi dan tugas (orgas) Tim Reformasi Birokrasi TNI AD yang di sesuaikan dengan pembagian tugas Reformasi Birokrasi General dan Tematik merupakan langkah awal yang sangat strategis.

"Saya berharap dengan adanya reviu penilaian reformasi birokrasi, kita dapat bersama-sama menciptakan perubahan yang positif dan berkelanjutan bagi organisasi," ujar Kasdam. 

"Semoga dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, kita dapat mewujudkan TNI AD yang lebih profesional, modern dan adaptif terhadap perubahan," tegasnya.

Sementara itu, Asrena Kasad dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ketua Tim RB Mabesad Kolonel Arh Toni Aris Setiawan, S.E., M.M.,  menyampaikan ucapan terima kasih atas keseriusan dan dedikasi terhadap tugas yang telah ditunjukkan, sehingga program Reformasi Birokrasi TNI AD setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Dirinya menyampaikan bahwa, Program Reformasi Birokrasi merupakan sebuah kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola organisasi.

Pemanfaatan teknologi informasi diharapkan dapat menjawab tantangan birokrasi masa depan sehingga tujuan pokok organisasi TNI-AD dapat dicapai secara efektif dan efisien.


Selanjutnya, Penilaian Reformasi Birokrasi di tingkat Kotama bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan upaya perbaikannya sehingga menuntut partisipasi semua pihak, mulai dari unsur Pimpinan di Kotama hingga Prajurit dan PNS TNI AD.

"Bila kita mampu bekerja sama dengan kompak memiliki misi dan pemahaman yang sama, serta bekerja dengan arah yang jelas, saya yakin sasaran program Reformasi Birokrasi ini dapat kita capai," pungkasnya. 

Kegiatan reviu Penilaian RB ini diisi oleh anggota Tim RB Mabesad Letkol Inf Ahmad Sobirin dan Mayor Arh Ceppi Hadi Nugroho, S.E., M.Si., yang membahas tentang Internalisasi RB dan Survei Internal Integritas Organisasi. (Efri)