Jurnal5.com
Sabtu, 06 Juli 2024, Juli 06, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-06T16:20:52Z
Kesehatan

Keren...!! Giat Aksi Sosial Donor Darah RSUD Sayang Cianjur " Kita Sehat Mereka Selamat

Advertisement

Laporan : Budi Panca

Cianjur Jurnal5.Com// - RSUD Sayang Cianjur bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur menggelar acara donor darah, Kegiatan tersebut di pusatkan di Lobi Kantor RSUD Sayang Cianjur, Pada Selasa (02/07/2024)

" Acara donor darah yang dimulai sejak pagi hingga siang itupun mendapat respon positif dari seluruh Staf Menajemen dan Karyawan RSUD Sayang Cianjur.

Terbukti Giat Donor Darah di RSUD Sayang Cianjur yang bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI kabupaten Cianjur langsung di ikuti oleh staf manajemen dan selanjutnya oleh karyawan RSUD Sayang Cianjur.

Dalam Kesempatan itu Koordinator Keluarga Donor Darah (KDD) RSUD Sayang Cianjur Asep Hilman Mengatakan Bahwa Kegiatan Aksi donor darah ini digelar setiap 2 Bulan Sekali Sekaligus dalam rangka memperingati hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2024, dengan Tujuan untuk menambah stok darah di PMI Kabupaten Cianjur, Karena setetes darah sangat berarti bagi kita dan mereka yang sangat membutuhkan, "Kita Sehat Mereka Selamat.

Ada beberapa Alasan dan Manfaat Mengapa kita harus Donor Darah,. Bagi pendonor, dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi di dalam tubuh, menurunkan resiko kanker, melancarkan sirkulasi darah dan membantu tubuh membentuk sel-sel darah merah baru. 

Sedangkan bagi Penerima Donor, Yaitu bisa menyelamatkan nyawa, membantu Pasien yang kehilangan banyak darah, membantu pengobatan berbagai penyakit dan membantu pasien yang mengalami operasi besar." ujarnya.

"Berdasarkan hal tersebut saya berharap, masyakarat semakin banyak terlibat dan menjadi pendonor. Dan harapan saya semakin banyak lintas sektor yang terlibat sehingga semakin banyak yang bersedia menjadi pendonor," tambahnya.

Lebih lanjut Asep Hilman Menjelaskan 
"Kegiatan Aksi donor darah yang dilaksanakan di RSUD sayang Cianjur ini merupakan kegiatan rutin 2 bulan sekali dilaksanakan untuk membantu pihak PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten cianjur dan juga untuk menumbuhkan rasa saling peduli dengan sesama, selain itu, nantinya hasil dari donor darah ini akan masuk pada stok kebutuhan darah dikabupaten Cianjur.

Kegiatan Aksi donor darah ini juga memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan RSUD Untuk mendonorkan darahnya bagi kemanusiaan, hingga diharapkan akan membentuk watak dan karakter yg senantiasa memiliki rasa peduli dengan sesama dan kemanusiaan.

Momentum ini bertujuan juga untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya donor darah dan produk darah yang aman untuk transfusi, kontribusi pentingnya donor darah sukarela yang tidak dibayar untuk sistem kesehatan nasional.”Sayangi Ragamu Saayangi Saudaramu"Jelasnya.














Untuk menciptakan kesadaran masyarakat yang lebih luas akan perlunya donor darah yang teratur dan tidak dibayar kebutuhan akan donor darah sepanjang tahun yang berkomitmen, untuk mempertahankan persediaan yang memadai dan mencapai akses universal dan tepat waktu ke transfusi darah yang aman.

Kita Mengakui dan mempromosikan nilai-nilai donor darah sukarela yang tidak dibayar dalam meningkatkan solidaritas masyarakat dan kohesi sosial, Meningkatkan kesadaran akan perlunya peningkatan investasi dari pemerintah untuk membangun sistem darah nasional yang berkelanjutan dan tangguh juga meningkatkan pengumpulan dari donor darah sukarela yang tidak dibayar.

Mari kita galakan donor darah untuk menyelamatkan kehidupan Umat Manusia di dunia, Salam "SOMEAH" Someah Nu Matak bungah Someah Hade Ka Semah.

" Salam Sehat Salam Someah Cianjur Bangkit Cianjur Pulih, Peduli Sesama dengan Donor Darah Kita Sehat Mereka Selamat " Pungkasnya.