Jurnal5.com
Kamis, 11 Juli 2024, Juli 11, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-11T13:47:06Z
Ragam

DPUPR Kabupaten Indramayu Turunkan Alat Berat, Normalisasi Kali Tinumpuk Pasca Banjir

Advertisement

Jurnal5.com - Indramayu, Kali Tinumpuk yang berada di Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat selama curah hujan cukup tinggi dan sudah menjadi langganan banjir. Akibatnya, jika kali tersebut terjadi peningkatan debit maka akan meluap ke jalan dan area pesawahan.

Sebagai langkah konkret untuk menanggulangi banjir tersebut, Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu melakukan normalisasi pembersihan kali tinumpuk, Kamis (11/07/2024).

Kepala DPUPR Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Warhadi menjelaskan, pembersihan kali Tinumpuk pasca banjir kemarin tersebut memang dikeluhkan petani dan masyarakat.

"Bupati Indramayu Nina Agustina sangat respons dengan kondisi kali tinumpuk tersebut, diharapkan kali tinumpuk kembali normal, masyarakat dan petani tidak was-was jika ada peningkatan debit air," ucap Warhadi

Warhadi menambahkan, pembersihan kali tinumpuk dengan menurunkan alat berat (escavator) dan di bantu oleh Masyarakat dilakukan selama 1 hari harus selesai.

Camat Juntinyuat, Rusyad Nurdin yang hadir langsung monitor kegiatan tersebut mengatakan, pembersihan kali tinumpuk itu merupakan normalisasi pasca banjir agar saluran irigasi menjadi normal.

"Alhamdulillah masyarakat begitu antusias ikut membersihkan kali tinumpuk, karena kali tinumpuk sudah dinormalisasi oleh Bupati Indramayu Nina Agustina dengan mengirimkan alat berat dari DPUPR Indramayu," ungkap Rusyad. (WN)