Jurnal5.com
Sabtu, 06 Juli 2024, Juli 06, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-06T08:07:02Z
Ragam

Antisipasi Cuaca tidak Menentu UPTD PII Wilayah I Cianjur Giat Bersih-bersih Aliran Sungai.

Advertisement

Laporan  : Budi Panca 


Cianjur Jurnal5.Co//- Untuk menjaga dan memaksimalkan fungsi sungai sebagai mata rantai kehidupan masyarakat, Dinas PUTR Kabupaten Cianjur Melalui UPTD Sumber daya Air, PII Wilayah I Cianjur Selalu intens dalam melaksanakan kegiatan bersih bersih aliran sungai.

Seperti Hal nya beberapa Waktu Yang lalu 
UPTD PII Wilayah I Cianjur Sumber Daya Air ( SDA ) Sampai saat ini terus rutin melaksanakan giat pembersihan saluran aliran sungai di sejumlah titik.

Kepala UPTD PII Wilayah I Cianjur Ani Komalasari SH Mengatakan bahwa 
Dari data kegiatan awal 2024  yang sudah terlaksana  diantaranya pembersihan saluran aliran sungai yang berlokasi di Desa Sukamanah Kecamatan Karang tengah juga di beberapa titik aliran sungai yang berada di wilayah Kecamatan Cianjur.

Untuk Antisipasi dan juga prioritas pembersihan aliran sungai di beberapa kawasan sungai tetap dilakukan, meski situasi cuaca saat ini tak menentu," ujar Kepala UPTD PII Wilayah I Cianjur, Ani Komalasari SH. 

Menurut Ani, pembersihan sungai menjadi agenda rutin Kami yang kali ini secara terus menerus melakukan pembersihan Aliran-aliran sungai dari sampah sampah seperti kayu, hingga sampah plastik Supaya aliran sungai tidak mampet hingga mengakibatkan Banjir.

Di samping itu juga, beberapa kawasan aliran sungai tetap menjadi pemantauan Dinas PUTR Kabupaten Cianjur Khususnya Kami UPTD PII Wilayah I Cianjur seperti sungai Cianjur letik, Sungai sungai yang berada di wilayah Kecamatan Cianjur.   



" Hal itu dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah atau benda padat lainnya di saluran air.

"Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. Hal ini dilaksanakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu," Pungkasnya.