Iklan

Jurnal5.com
Senin, 24 Juni 2024, Juni 24, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-24T13:41:50Z
Ragam

Talkshow Literasi Digital, Sinergi Kemenkominfo dan Pemkab Indramayu Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat

Advertisement

Jurnal5.com - Indramayu, Sinergi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu terus dilakukan sebagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

Dengan mendorong peningkatan kecakapan digital masyarakat, diharapkan ruang digital Indonesia dapat semakin aman dan produktif.

Upaya tersebut tercermin dalam Talkshow Literasi Digital yang merupakan rangkaian kegiatan Indramayu Fiesta 2024 yang berlangsung di Lapangan Atletik Sport Center (SC) Kabupaten Indramayu serta diikuti ribuan masyarakat, Minggu malam (23/6/2024).

Turut hadir dalam talkshow tersebut, Bupati Indramayu, Nina Agustina, jajaran Forkopimda Kabupaten Indramayu beserta tamu undangan lainnya.

Kemudian talkshow literasi digital juga turut di isi dengan materi yang mendukung peningkatan kecakapan digital seperti budaya digital, aman digital, etika digital, serta cakap digital yang disampaikan oleh beberapa narasumber yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar, Tutor dan Fasilitator Nasional, Aulia Putri Juniarto serta Dosen, Digital Trainee, Entrepeneurship, Podcasters dan Project Manager Consultant, Aidil Wicaksono Juniarto.

Dalam paparannya, Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman menyampaikan, Kabupaten Indramayu terus melakukan pembangunan di berbagai sektor termasuk digital salah satunya melalui program Lebu Digital (Le-Dig) sebagai bentuk implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis Industri 4.0 untuk kemajuan dan pembangunan masyarakat yang bermartabat dengan memanfaatkan teknologi internet sehingga dapat memudahkan untuk saling terkoneksi satu sama lain.

“Perkembangan internet memiliki kekuatan dimana dapat mendekatkan yang jauh serta memacu transformasi di berbagai hal salah satunya beberapa proses yang dilakukan manual berubah menjadi elektronik atau digital. Menyikapi hal tersebut Pemkab Indramayu terus melakukan berbagai program dan terobosan sehingga dapat terus menunjang keberlangsungan pembangunan yang dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, narasumber lainnya yakni Aulia Putri Juniarto dan Aidil Wicaksono Juniarto menekankan mengenai pentingnya 4 pilar literasi digital yakni Kemampuan Digital (Digital Skills), Budaya Digital (Digital Culture), Etika Digital, (Digital Ethics), Keamanan Digital (Digital Safety).

Karena menurut mereka, aspek tersebut sangat penting dalam berkomunikasi maupun beraktivitas secara digital, sehingga keseimbangan dalam pemanfaatan ruang digital dapat terwujud dimana fokus percepatan transformasi digital tidak hanya pada penerapan teknologi dan peningkatan infrastruktur melainkan peningkatan kemampuan/kecakapan digital Sumber Daya Manusianya (SDM). (WN)