Jurnal5.com
Kamis, 13 Juni 2024, Juni 13, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-13T08:46:51Z
Ragam

Perbatasan wilayah desa karangan dan kelurahan sukaraja masih simpang siur.

Advertisement


Prabumulih., "jurnal5.com".masalah perbatasan wilayah selalu saja tidak ada akhirnya, hal tersebut di alami kelurahan sukaraja kecamatan prabumulih selatan dan desa karangan kecamatan rambang kapak tengah kota prabumulih.13/6/2024 

Ketika awak media mencaril infomasi langsung ke kades karangan yayan kurniawan AMD,menjelaskan batas wilayah desa karangan dan kel sukaraja ada di pal 9(panasan),30 meter dari panasan ke pal9(talang pal 9).perbatasan wilayah belum semuanya selesai. 

Informasi perbatasan ini di dapat dari tokoh agama nasrul dan tokoh masyarakat , ketika mulai menjabat kades karangan pada tahun 2022 yang lalu. 

Untuk peta wilayah ada di kantor kades karangan.kalau seandainya ada permasalahan silahkan di adakan dialog antar kecamatan dan ditenggahi oleh dinas pemberdaya masyarakat dan desa(DPMD) kota Prabumulih. 

Ketika ada warga bukan berdomisili bukan desa karangan membuat surat tanah yang seharusnya masuk wilayah karangan, maka segera di urus untuk di masukan ke wilayah karangan karena hal itu menyalahi aturan yang berlaku saat ini,ungkap kades. 

Tidak berapa jauh dari kediaman kades karangan yayan yang biasa di panggil sehari-hari mengajak awak media untuk silaturahmi ke tokoh agama desa karangan, nasrullah(72) 

Nasrullah(72) , menceritakan dari dahulu 2018 sewaktu ada sismik warga sukaraja bersama RT sukaraja mengajak nasrullah untuk mengurus pembayaran sismik . Setelah berhasil pembayarannya, Inilah membuktikan bahwa batas karangan ada di pal 8(simpang panasan).Batas karangan berbatasan kelurahan sukaraja,desa talang balai, desa rambang senuling. 

Di tempat lain awak media mewawancarai warga berinisial R. Perbatasan karangan ada di pal 9.atau tepatnya di tanah alm cik manan.dan warga yang berinisial m juga menjelaskan batas sukaraja ada di guhong panggian(sudah berdekatan dengan pal10 dan pak 9,kalo batas sukaraja ada di pal8(panasan)bearti banyak wilayah sukaraja berkurang tuturnya. (Efri)