Iklan

Jurnal5.com
Kamis, 20 Juni 2024, Juni 20, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-20T00:24:08Z
Ragam

Peduli Stunting, Pasiter Kodim 0420/Sarko Hadiri Acara Launching Pelaksanaan Gerakan Cegah Stunting Serentak

Advertisement


MERANGIN,"jurnal5.com".Pasiter Kodim 0420/Sarko Lettu Arh Andri menghadiri acara Launching Pelaksanaan Gerakan Cegah Stunting Serentak yang diwajibkan bagi Calon Pengantin, Ibu Hamil, Bayi dan Balita yang dilaksanakan Serentak di Desa Pelangki Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin. Rabu (19/06/2024).

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Pj Bupati Merangin H. Mukti Said SE. ME, Sekda Merangin Ir. Fajarman M.Sc, Kepala Dinas Merangin, Unsur Forkopimda Merangin, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat serta warga desa Sekecamatan Batang Masumai. 

Pelaksanaan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting yaitu mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke posyandu. Kegiatan di buka dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan pemberian bantuan kepada anak stunting dan ibu hamil.


Pj Bupati mengatakan, Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun. Ucapnya.

‘’Tujuan dilaksanakannya Gerakan Cegah Stunting Serentak ini adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan stunting serta melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi, serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal dan konsistensi serta penetapan data masyarakat. Tutup H. Mukti Said. (Efri)