Iklan

Jurnal5.com
Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-19T05:14:25Z
Ragam

Keren..! Baznas Kabupaten Cianjur Salurkan Bantuan Pembangunan Sarana Pertemuan Ulama Melalui UPZ Campaka.

Advertisement

Laporan : Budi Panca 

Cianjur Jurnal 5.Com// – Selain fokus pada program pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan sosial keagamaan. UPZ Kecamatan Campaka saat ini tengah membangun gedung untuk saranan pertemuan ulama se-kecamatan Campaka.

Ketua UPZ kecamatan Campaka, Yuyus Sugilar mengatakan, sarana tersebut ialah berupa pendirian bangunan tempat pertemuan para ulama guna mendukung atas program kemakmuran. Lokasinya berada di Kampung Warung Bitung, Desa Sukajadi Kecamatan Campaka.

“Sarana kantor UPZ Campaka pada awalnya kecil dan tidak memiliki teras, kemudian guna meningkatkan layanan pada masyarakat. Maka sesuai arahan dari Baznas kabupaten Cianjur kita kembangkan dan bangun sarana gedung pertemuan ulama bersama MUI,” katanya.

Yuyus menambahkan, dengan keikutsertaan masyarakat sekitar dalam bergotong-royong, saat ini proses pembangunan sudah mencapai 50 persen.

Menurut Yuyus, dalam proses pembangunan, kendala yang dialami adalah jauhnya akses menuju tempat penyedia bahan bangunan, selain itu, terdapat beberapa pondasi bangunan awal yang kurang baik dan perlu diperbaiki sehingga diperkirakan pembangunan selesai sekitar awal bulan Juli 2024.

“Program yang dikembangkan UPZ Campaka tidak hanya fokus pada aspek ekonomi, tapi juga sosial keagamaan. UPZ ingin keimanan para mustahik bisa terus meningkat. Dari pembangunan ini akan diaktifkan juga remaja masjid, dan program pengajian rutin,” katanya.

Ditegaskan Yuyus, untuk trobosan baru. pada tahun 1445H/2024 M saat ini UPZ Campaka tengah membangun sekaligus merenopasi sarana perkantoran dengan membangun gedung umat. Tujuanya agar semua kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan bisa dilakukan digedung ini.

“Selain itu, UPZ Campaka juga mempasilitasi MUI dengan satu lokal untuk sarana perkantoran dengan setatus hak guna pakai. Biaya pembangunan bersumber dari BAZNAS Kabupaten Cianjur juga dari swadaya masyarakat,” pungkasnya.