Iklan

Jurnal5.com
Minggu, 23 Juni 2024, Juni 23, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-22T23:43:37Z
Ragam

Dandim 0429/Lamtim Pimpin Rakor PAT Tingkat Kabupaten Lampung Timur.

Advertisement


Lamtim, "jurnal5.com" Rapat Koordinasi (Rakor) Perluasan Area Tanam (PAT) yang dipimpin langsung Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S. Sos., M.M berlangsung di Aula Gatot Soebroto Makodim, Sabtu ( 22/06/2024 ).

Turut hadir, Pasiter Kodim 0429/Lamtim Lettu Kav Afrizal, Kabid PSP Lamtim Heriyanto, S.P, PPK Oplah Lamtim Bukhari, S.I.P., M.I.P, Tim Tekhnis Oplah unsur PUPR, UKPBJ, unsur Dinas KPTPHP, Babinsa jajaran Kodim, Korluh jajaran Distan Lamtim, Penyuluh pertanian serta para Gapoktan.

Rakor PAT tingkat Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rakor yang berlangsung di tingkat Provinsi seluruh Indonesia salah satunya Provinsi Lampung beberapa hari lalu.

Kegiatan dilaksanakan untuk mendukung suksesnya program UPSUS (Upaya Khusus), sistem pelaporan menjadi point penting sebagai bentuk pertanggung jawaban data yang diperoleh dari lapangan. 

Dalam rangka pelaporan perlu dilakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Terhadap Kegiatan Penambahan Areal Tanam (PAT) yang bertujuan untuk mencari solusi tentang progres pelaporan yang seragam baik dari Dinas Kabupaten/Kota dan pihak TNI AD serta pelaporan PAT dalam bentuk polygon yang sudah dilakukan di Provinsi Lampung.

Selanjutnya disampaikan kepada penanggung jawab kabupaten/kota untuk melakukan rakor dan evaluasi kegiatan PAT ini di masing-masing kabupaten/kota sehingga sinkronisasi data dapat terjaga dengan baik antara TNI AD dan Dinas Pertanian setempat.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S. Sos., M.M pada kesempatan Rakor menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak sudah bekerjasama dan sama-sama bekerja dalam kegiatan Oplah (Optimalisasi Lahan) tingkat Kabupaten Lampung Timur.


"Terkhusus bagi para Babinsa, Korluh dan PPL yang pro aktif terjun langsung kelapangan dalam rangka program Oplah. Terus lakukan koordinasi serta sampaikan jika ada hambatan sehingga segera dilakukan upaya mitigasi untuk mensukseskan program ini", tutur Dandim.

Lebih lanjut Dandim menegaskan, terkait dengan Oplah/Pompanisasi untuk mendukung PAT, Pihaknya berharap dengan terselenggaranya rapat koordinasi sehingga sinkronisasi data dapat terjaga dengan baik antara TNI AD dan Dinas Pertanian setempat.

"Semoga dengan sinergi dan kolaborasi, kita dapat mewujudkan swasembada pangan Kabupaten Lampung Timur dan berkontribusi bagi ketahanan pangan nasional", pungkasnya (efri)